Rabu, 26 Desember 2012

MODEL SISTEM UMUM PERUSAHAAN

Diposting oleh Icha Elias di 04.50 0 komentar


Model Sistem Umum Perusahaan

PENDAHULUAN

Pernahkan kita mendengar bahwa ada sebuah perusahaan yang tidak dapat bertahan ditengah persaingan ekonomi global sehingga mereka harus menurunkan gaji pokok serta memutasi karyawan, bahkan ada yang menutup perusahaan dan mengeluarkan karyawan. Hal ini terjadi karena adanya model sistem yang kurang tepat terhadap perusahaan bersangkutan. Dalam sebuah organisasi tentunya terdapat banyak permasalahan atau tantangan dalam mencapai sebuah tujuan. Oleh karena itu pembuatan model dan pendekatan yang tepat dalam mengatisipasi datangnya masalah adalah sebuah keharusan.

3.1. Model Sistem Umum Perusahaan

PEMBAHASAN
Definisi Model : penyederhanaan dari suatu objek.
Model mewakili sejumlah objek atau aktifitas yang disebut entitas.

Jenis-jenis model;

1. Model Fisik
Model yang menggambarkan entity dengan tiga dimensi. Biasanya model ini berukuran lebih kecil dari aslinya. Seperti boneka, mobil-mobilan, prototype rancangan, dsb

2. Model Naratif
Model yang menjelaskan entity secara tertulis/ lisan. Model ini digunakan sehari-hari. Contoh: Penjelasan tertulis komputer, penjelasan lisan melalui sistem komunikasi.

3. Model Grafis
Model yang mewakili entitasnya dengan abstraksi garis, simbol & bentuk. Seringkali disertai dengan penjelasan naratif.

Contoh : laporan-laporan, alat pemecahan / analisis masalah seperti flowchart, DFD.

4. Model Matematis
Model yang disajikan dalam rumus matematika atau persamaan
Cotoh: BEP = TFC / P – C
BEP : Break Event Point, TFC : Total Fixed Cost, P : Price, C : Cost

Kelebihan :

- Tidak mengenal geografis (siapa saja yg mengerti simbol matematis tentu dapat mengerti model tersebut)
- Ketepatan hubungan diantara bagian dari suatu obyek dapat dideskripsikan.

Sistem Konsep

1. Sistem Simpul tertutup.
Sistem yang mempunyai simpul feedback mekanisme kontrol.














Perusahaan bisnis yang memiliki simpul feedback mekanisme kontrol. Simpul feedbacknya adalah informasi. Mekanisme kontrolnya adalah manajemen perusahaan. Manajemen menggunakan informasi sebagai dasar untuk membuat perubahan dalam sistem fisik.

2. Sistem simpul terbuka.
Sistem yang tidak mempunyai simpul feedback mekanisme kontrol.





Contoh: Pemanas ruang listrik yang kecil tidak mempunyai mekanisme pengaturan sendiri untuk memberikan temperatur ruang yang tetap. Bila pemanas ini dipasang maka akan mengeluarkan panas yg banyak atau sedikit.

Dimensi-dimensi Informasi
1. Relevansi
2. Akurasi
3. Ketepatan Waktu
4. Kelengkapan

Model Sistem Umum Perusahaan













E-COMMERCE

Diposting oleh Icha Elias di 04.28 0 komentar

A) PENDAHULUAN

Tulisan kali ini akan membahas mengenai e-commerce, pengertian e-commerce yaitu berhubungan dengan pembelian dan penjualan barang atau jasa melalui internet, khususnya World wide web.
Menurut Robert E. Johnson, III (http://www.cimcor.com), e-commerce merupakan suatu tindakan melakukan transaksi bisnis secara elektronik dengan menggunakan internet sebagai media komunikasi yang paling utama.
Pada website ECARM (The Society For Electronic Commerce And Rights Management) dijelaskan bahwae-commerce secara umum menunjukkan seluruh bentuk transaksi yang berhubungan dengan aktifitas-aktifitas perdagangan, termasuk organisasi dan perorangan yang berdasarkan pada pemrosesan dan transmisidata digital termasuk teks, suara, dan gambar-gambar visual (OECD, 1997).

2.1. Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik 

 * Manfaat Perdagangan Melalui Jaringan elektronik

Keuntungan e-commerce bagi konsumen:

•Keuntungan yang terbesar bagi konsumen adalah melakukan bisnis secara online dengan mudah. Seorang pembeli di internet dapat menggunakan komputer pribadinya pagi atau malam selama 7 hari per minggu untuk membeli hampir semua barang. Seorang konsumen tidak perlu mengantri ditoko atau bahkan meninggalkan rumahnya.

•Beberapa perusahaan e-commerce telah membuat proses ini lebih mudah. Beberapa toko online menyimpan informasi kartu kredit pembelinya di server mereka, sehingga informasi yang dibutuhkan hanya dimasukkan sekali saja. Beberapa bisnis online bahkan tidak mengirimkan produk-produknya ke pelanggan melalui pos, khususnya yang menjual software komputer. Sebagai contoh: beyon.com mengizinkan para pelanggannya untuk men-download software yang dibelinya langsung ke komputer mereka.

•Pengurangan biaya. Perusahaan yang menjual saham secara online, sepertie trade.com membebankan biaya hanya sekitar$ 10 per perdagangan, yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan membeli saham tersebut melalui perantara saham tradisional.

   * Kendala perdagangan melalui jaringan elektronik


 a) Biaya Tinggi.
 b) Masalah Keamanan.
 c) Perangkat lunak yang belum mapan atau tidak tersedia.

*Jalan Menuju Perdagangan Melalui Jalur Elektronik

· Mengumpulkan intelijen bisnis.
· Membentuk suatu sistem antar-organisasi (IOS).

2.2. Strategi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik 

· SISTEM ANTAR ORGANISASI (Interorganizatonal System-IOS).
· PERTUKARAN DATA ELEKTRONIK (Electronic Data Interchange – EDI).
· EXTRANET.
· TRANSFER DANA secara ELEKTRONIK (Electronic Fund Transfer – EFT).


2.3 Sistem Antar Organisasi

*Manfaat IOS


Manfaat secara langsung IOS :

 • Efisiensi komparatif, dapat menyediakan barang dan jasa lebih murah dari pesaing
 • Efisiensi internal, perbaikan-pebaikan dalam perusahaan.
 • Efisiensi antar-organisasi, perbaikan-perbaikan yang diperoleh melalui kerjasama dengan perusaahaan lain.

Untuk Kekuatan tawar menawar, kemampuan suatu perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan pemasok dan pelanggan yang menguntungkan dirinya. Kekuatan itu berasal dari tiga metode dasar:
· Keistimewaan produk yang unik.
· Penurunan biaya yang berhubungan dengan pencarian.
· Peningkatan biaya peralihan.

Manfaat secara tidak langsung IOS :

· Mengurangi kesalahan.
· Mengurangi biaya.
· Meningkatkan efisiensi operasional.
· Meningkatkan kemampuan bersaing.
· Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang.
· Meningkatkan pelayanan pelanggan.

2.4. Pertukaran Data Elektronik (EDI)

* Hubungan EDI yang umum.

Membentuk kaitan antara perusahaan dan pemasoknya (supply side) dan kaitan antara perusahaan dengan pelanggan (customer side)
Set transaksi adalah suatu jenis dokumen tertentu seperti faktur.
EDI memungkinkan terjadinya Pengisian Kembali Persediaan oleh Penjual dan Transfer Dana secara Elektronik.

* Standar EDI.

Standar yang digunakan di Amerika Utara dinamakan ANSI ASC X12. Standar Internasional dinamakan EDIFACT.
v Tingkat penerapan EDI.
Tiga tingkat penggunaan yang berbeda, yaitu :

1. Pemakai tingkat satu, hanya satu atau dua set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang yang terbatas.

2. Pemakai tingkat dua, banyak set transaksi yang ditransmisikan ke sejumlah mitra dagang, melampaui lini industri.

3. Pemakai tingkat tiga, bukan Cuma banyak set transaksi yang ditransmisikan ke banyak mitra dagang, tetapi aplikasi computer perusahaan disesuaikan dengan pendekatan EDI.

Tujuan tingkat satu dan dua adalah mengubah dokumen kertas menjadi elektronik.

Pengaruh Penerapan EDI :
- Tekanan Pesaing.
- Kekuasaan yang dilaksanakan.
- Kebutuhan Intern.
- Dukungan manajemen puncak.

* Manfaat EDI.
Manfaat Langsung : manfaat yang berasal dari teknologi
Manfaat Tidak Langsung adalah manfaat lain yang dihasilkan dari manfaat langsung.
Hubungan manfaat langsung dan tidak langsung :
- Mengurangi Kesalahan.
- Mengurangi biaya.
- Meningkatkan efisiensi operasional.
- Meningkatkan hubungan dengan mitra dagang.
- Meningkatkan pelayanan pelanggan.


2.5. Teknologi Perdagangan Melalui Jaringan Elektronik

Transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan, sistem berbasis komputer, dan jaringan internet.
Perdagangan melalui Jaringan Elektronik ada 2 jenis :

1. Business-to-Customer (B2C)

Perdagangan melalui jaringan elektronik yang berkenaan dengan transaksi antara sebuah perusahaan dengan pemakai akhir dari produk.
Strategi Business to Customer (B2C) melalui Jaringan Elektronik
Produk Digital, Produk dan jasa tertentu dapat dikirim kepada konsumen langsung melalui internet. Contoh produk digital seperti lagu, film, perangkat lunak. Produk dan jasa dapat langsung dikonsumsi setelah didownload.
Produk Fisik, Produk dan jasa tertentu yang tidak dapat langsung dikonsumsi melalui internet, tetapi harus dikirimkan kepada konsumen. Order penjualan dan pembayaran dapat diterima melaui internet, setelah itu dilakukan pengiriman kepada pembeli.
Virtual kontra Penjualan Hybrid, Penjual Virtual adalah penjualan yang dilakukan oleh perusahaan yang tidak memiliki toko secara fisik. Penjual Hybrid adalah penjualan yang dilakukan perusahaan yang memiliki toko secara fisik dan juga memiki halaman Web untuk melakukan penjualan.

2. Business-to-Business (B2B)

Perdagangan melalui jaringan elektronik yang berkenaan dengan transaksi antara perusahaan-perusahaan yang tidak melibatkan pemakai akhir.

Tiga teknologi perdagangan melalui jaringan elektronik

· Sambungan Langsung (direct connectivity), bekerja sama dengan penyedia jasa telekomunikasi.
· Jaringan Bernilai Tambah ( value-added network), jaringan ini disediakan oleh penjual yang bukan hanya menyediakan sirkuit tetapi juga menyediakan banyak jasa yang diperlukan untuk menggunakan sirkuit itu bagi EDI.
· Internet, memungkinkan suatu jaringan komunikasi global yang tidak hanya menghubungkan para mitra dagang tetapi juga mencakup para pelanggan.


credit: http://nickoprasetioo.blogspot.com/2011/11/bab-2-e-commerce.html

http://arlanwidiantara.blogspot.com/2011/09/teknologi-perdagangan-melalui-jaringan.html

PENGENALAN PADA SISTEM MANAJEMEN INFORMASI

Diposting oleh Icha Elias di 04.10 0 komentar

Manajemen Informasi adalah seluruh aktifitas memperoleh informasi, menggunakannya seefektif mungkin, dan membuangnya pada saat yang tepat.

1.1 Pentingnya Manajemen Informasi dalam Perusahaan

Dua alasan utama pentingnya Manajemen Informasi :

1. Meningkatnya kekompleksan tugas manajemen
- pengaruh ekonomi internasional
- meningkatnya kekompleksan teknologi
- penyusutan kerangka waktu
- tekanan pesaing
- tekanan sosial

2. Keberadaan alat untuk memecahkan masalah


1.2 Peranan Manajer dalam Pengelolaan Manajemen Informasi

Manajer adalah seseorang yang bertanggungjawab untuk mengarahkan penggunaan segala jenis sumber.


Keterampilan Manajer

Ketrampilan yang harus dimiliki oleh manajer, yaitu :

1. Komunikasi
Manajer menerima dan mengirimkan informasi dalam bentuk lisan dan tertulis.

2.Pemecahan masalah
Pemecahan masalah sebagai semua kegiatan yang mengarah pada solusi suatu permasalah. Masalah dianggap sebagai sesuatu yang buruk , karena sedikit yang menganggap masalah sebagai sesuatu untuk meraih kesempatan.
Masalah secara negatif sebagai suatu kondisi atau kejadian yang berbahaya atau mungkin membahayakan suatu perusahaan , atau secara positif sebagai sesuatu yang menguntungkan atau mungkin menguntungkan . Hasil dari aktifitas pemecahan masalah adalah solusi. Selama pemecahan masalah, manajer terlibat dalam pengambilan keputusan (Decision Making), yaitu tindakan memilih dari beberapa alternatif tindakan. Keputusan (Decision) adalah suatu tindakan tertentu yang telah dipilih.

3. Pemahaman komputer
Memahami komputer yaitu memiliki pengetahuan mengenai komputer yang mencakup pengertian mengenai istilah-istilah komputer, pemahaman mengenai keunggulan dan kelemahan komputer, serta kemampuan menggunakan komputer dsb.

4. Pemahaman informasi
Memahami informasi yaitu pengetahuan yang meliputi bagaimana menggunakan informasi pada tiap tahap dari prosedur pemecahan masalah, di mana informasi diolah, dan bagaimana membagikan informasi dengan orang lain.

Manajer dan Sistem Perusahaan

System merupakan sekumpulan unsure atau elemen yang saling berkaitan dan saling mempengaruhi dalam melakukan kegiatan bersama untuk mencaai tujuan.
Sebuah sistem tidak memiliki kombinasi elemen yang sama, tetapi memiliki susunan dasar yang sama, yaitu Input, Output, Transformasi, Mekanisme pengendalian, dan Tujuan.
Sistem perusahaan merupakan sistem lingkaran tertutup karena memiliki 3 elemen kontrol dan juga merupakan sistem terbuka karena dihubungkan dengan lingkungannya melalui arus sumber daya.


Pandangan sistem ini :
1. Mencegah manajer tersesat dalam kompleksitas struktur organisasi dan rincian pekerjaan.
2. Menyadari perlunya memiliki tujuan-tujuan yang baik
3. Menekankan pentingnya kerja sama semua bagian dalam organisasi
4. Mengakui keterkaitan organisasi dengan lingkungannya.
5. Memberikan penilaian yang tinggi pada informasi umpan balik yang hanya dapat dicapai dengan cara sistem lingkaran tertutup.

1.3 Data dan Informasi

Data terdiri dari fakta-fakta dan angka-angka yang secara relatif tidak berarti bagi pemakai.
Informasi merupakan data yang telah diproses menjadi bentuk yang memiliki arti bagi penerima dan dapat berupa fakta dan suatu nilai yang bermanfaat.

Transformasi dari data menjadi informasi dilakukan oleh information processor (pemroses informasi). Pemroses informasi adalah salah satu elemen kunci dalam sistem konsep.
Banyak istilah yang digunakan untuk menandai unit komputerisasi-pemrosesan data, MIS, sistem komputer, sistem informasi dan sebagainya. Kita akan menggunakan istilah Pelayanan Informasi (Information service), dengan memberi penekanan pada informasi (dari pada data) dan dimaksudkan untuk memberikan pelayanan ke seluruh organisasi tersebut.

1.4 Komputer Sebagai Elemen dalam Sistem Informasi

Sistem informasi adalah kombinasi antara prosedur kerja, informasi, orang dan teknologi
informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi.

Sistem informasi sebagai sebuah sistem memiliki elemen-elemen :
1. Perangkat keras (hardware)
2. Perangkat lunak (software)
3. Prosedur
4. Orang
5. Basisdata
6. Jaringan komputer dan komunikasi

1.5 Evolusi Sistem Berbasis Komputer

• Fokus Data (SIA)

Nama yang diberikan untuk aplikasi akuntansi berbasis komputer adalah pengolahan data elektronik atau electronic data processing (EDP). Istilah lain, Sistem Informasi Akuntansi (SIA), digunakan untuk menggambarkan sistem yang memproses aplikasi pengolahan data perusahaan. SIA menghasilkan beberapa informasi, sebagai produk sampingan dari proses akuntansi.

• Fokus Informasi (SIM)

Dengan berkembangnya teknologi komputer yang memiliki kemampuan proses yang lebih cepat, maka muncul konsep SIM yang menyadari bahwa aplikasi komputer harus diterapkan untuk tujuan utama menghasilkan informasi manajemen disetiap area fungsional dan level aktivitasnya.

• Fokus pada Pendukung Keputusan (SPK)

DSS adalah sistem penghasil informasi yang ditujukan pada suatu masalah tertentu yang harus dipecahkan oleh manajer dan keputusan yang harus dibuat manajer. Manajer tersebut dapat berada di bagian mana pun dalam organisasi – pada tingkat mana pun dan dalam area fungsional apa pun.

• Fokus pada Komunikasi (Otomatisasi Kantor)

Otomatisasi kantor atau office automation (OA) memudahkan komunikasi dan meningkatkan produktifitas di antara para manajer dan pekerja kantor melalui penggunaan

• Fokus Konsultasi (Sistem Pakar)

Sistem pakar atau expert system (ES) adalah suatu sistem yang berfungsi sebagai seorang spesialis dalam suatu area. Sebagai contoh, sistem pakar dapat menyediakan bagi seorang manajer sebagian bantuan yang sama seperti yang diberikan oleh seorang konsultan manajemen.


1.6 Upaya Pencapaian Sistem Informasi Berbasis Komputer 


Sistem informasi berbasis komputer berkembang melalui tahapan-tahapan,analisis,rancangan,penerapan, dan penggunaan.Tahapan-tahapan tersebut dinamakan siklus hidup sistem dan dapat dilakukan oleh pemakai sendiri atau pemakai bekerja sama dengan spesialis informasi.




Minggu, 28 Oktober 2012

Sistem Informasi Manajemen

Diposting oleh Icha Elias di 01.16 0 komentar
Sistem informasi manajemen (SIM) (bahasa Inggris: management information system, MIS) adalah bagian dari pengendalian internal suatu bisnis yang meliputi pemanfaatan manusia, dokumen, teknologi, dan prosedur oleh akuntansi manajemen untuk memecahkan masalah bisnis seperti biaya produk, layanan, atau suatu strategi bisnis. Sistem informasi manajemen dibedakan dengan sistem informasi biasa karena SIM digunakan untuk menganalisis sistem informasi lain yang diterapkan pada aktivitas operasional organisasi. Secara akademis, istilah ini umumnya digunakan untuk merujuk pada kelompok metode manajemen informasi yang bertalian dengan otomasi atau dukungan terhadap pengambilan keputusan manusia, misalnya sistem pendukung keputusan, sistem pakar, dan sistem informasi eksekutif.

Tujuan Umum

    * Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.
    * Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
    * Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.

Ketiga tujuan tersebut menunjukkan bahwa manajer dan pengguna lainnya perlu memiliki akses ke informasi akuntansi manajemen dan mengetahui bagaimana cara menggunakannya. Informasi akuntansi manajemen dapat membantu mereka mengidentifikasi suatu masalah, menyelesaikan masalah, dan mengevaluasi kinerja (informasi akuntansi dibutuhkan dan dipergunakan dalam semua tahap manajemen, termasuk perencanaan, pengendalian dan pengambilan keputusan).

Proses Manajemen

Proses manajemen didefinisikan sebagai aktivitas-aktivitas:

    * Perencanaan, formulasi terinci untuk mencapai suatu tujuan akhir tertentu adalah aktivitas manajemen yang disebut perencanaan. Oleh karenanya, perencanaan mensyaratkan penetapan tujuan dan identifikasi metode untuk mencapai tujuan tersebut.
    * Pengendalian, perencanaan hanyalah setengah dari peretempuran. Setelah suatu rencana dibuat, rencana tersebut harus diimplementasikan, dan manajer serta pekerja harus memonitor pelaksanaannya untuk memastikan rencana tersebut berjalan sebagaimana mestinya. Aktivitas manajerial untuk memonitor pelaksanaan rencana dan melakukan tindakan korektif sesuai kebutuhan, disebut kebutuhan.
    * Pengambilan Keputusan, proses pemilihan di antara berbagai alternative disebut dengan proses pengambilan keputusan. Fungsi manajerial ini merupakan jalinan antara perencanaan dan pengendalian. Manajer harus memilih di antara beberapa tujuan dan metode untuk melaksanakan tujuan yang dipilih. Hanya satu dari beberapa rencana yang dapat dipilih. Komentar serupa dapat dibuat berkenaan dengan fungsi pengendalian.

Menurut Francisco Proses Manajemen adalah suatu proses Penukaran terhadap nilai dan jasa
[sunting] Bagian

SIM merupakan kumpulan dari sistem informasi:

    * Sistem informasi akuntansi (accounting information systems), menyediakan informasi dan transaksi keuangan.
    * Sistem informasi pemasaran (marketing information systems), menyediakan informasi untuk penjualan, promosi penjualan, kegiatan-kegiatan pemasaran, kegiatan-kegiatan penelitian pasar dan lain sebagainya yang berhubungan dengan pemasaran.
    * Sistem informasi manajemen persediaan (inventory management information systems).
    * Sistem informasi personalia (personal information systems).
    * Sistem informasi distribusi (distribution information systems).
    * Sistem informasi pembelian (purchasing information systems).
    * Sistem informasi kekayaan (treasury information systems).
    * Sistem informasi analisis kredit (credit analysis information systems).
    * Sistem informasi penelitian dan pengembangan (research and development information systems).
    * Sistem informasi analisis software
    * Sistem informasi teknik (engineering information systems).
    * Sistem informasi Rumah Sakit (Hospital information systems).

Somebody that I used to know

Diposting oleh Icha Elias di 01.13 0 komentar
[Gotye:]
Now and then I think of when we were together
Like when you said you felt so happy you could die
Told myself that you were right for me
But felt so lonely in your company
But that was love and it's an ache I still remember

You can get addicted to a certain kind of sadness
Like resignation to the end, always the end
So when we found that we could not make sense
Well you said that we would still be friends
But I'll admit that I was glad it was over

But you didn't have to cut me off
Make out like it never happened and that we were nothing
And I don't even need your love
But you treat me like a stranger and that feels so rough
No you didn't have to stoop so low
Have your friends collect your records and then change your number
I guess that I don't need that though
Now you're just somebody that I used to know

Now you're just somebody that I used to know
Now you're just somebody that I used to know

[Kimbra:]
Now and then I think of all the times you screwed me over
But had me believing it was always something that I'd done
But I don't wanna live that way
Reading into every word you say
You said that you could let it go
And I wouldn't catch you hung up on somebody that you used to know

[Gotye:]
But you didn't have to cut me off
Make out like it never happened and that we were nothing
And I don't even need your love
But you treat me like a stranger and that feels so rough
No you didn't have to stoop so low
Have your friends collect your records and then change your number
I guess that I don't need that though
Now you're just somebody that I used to know


Somebody
(I used to know)
Somebody
(Now you're just somebody that I used to know)

(I used to know)
(That I used to know)
(I used to know)
Somebody

Kamis, 25 Oktober 2012

Mau baca? Ya, baca. Gasuka? Gausah baca!

Diposting oleh Icha Elias di 22.13 0 komentar

Lama ga posting blog-_- wkwkwk. 
Sibuk kuliah sih *sotoy* 


Balik kuliah dengan kelas baru, suasana baru, teman baru... pacar baru *eh wkwkwkwk XD

Boong sih, masih single gue -_- gaada pacar baru pacar baruan. Mau fokus kuliah nih! Hahahaha gaya bener dah. 

Udah hampir satu bulanan kuliah nih, tapi gue belom dapet tugas yang menantang banget sih *songong banget dah* ye serius, kelas unggulan kaya 2DB01 dikasih tugas bikin program source code. Anjir, denger aja gue nelen ludah wkwkwk, gimana bikinnya? Berdarah darah kali deh(?) 
Nah baru baru ini gue dikasih tugas kan, tugasnya biasalah seperti mahasiswa pada umumnya aja. Presentasi. PRESENTASI. Sengaja gue ulang-_- 

Belom menantang kan? Paling cuma tugas design sama presentasi-presentasi doang. Ya gitu gitu ajah, padahal ini udah hampir sebulan lebih gue ngampus dan beradaptasi di 2DB09. 
2DB09? Kenapa bukan 1DB04 yang gue sering ributin di twitter? Yaiya, gue sama temen-temen 1DB04 udah dipisah. Dan kalo gasalah gue pernah janji kalo gue mau ngeshare kenangan-kenangan 1DB04 disini *ciyelah* tapi entah kenapa gue jadi males. Males? Iye males, gatau deh. Mungkin ada beberapa alasan yang gabisa gue sebutin dan gamau gue sebutin juga disini. 

Gue udah coba adaptasi sama 2DB09. Kalau lo semua mau nanya anak-anak disitu asik gasih? Kalau masalah asik gue gatau, kan masih beradaptasi. 

Kalau ada yang nanya lebih enak mana 1DB04 sama kelas baru lo?
Gue mau jawab masih lebih rame 1DB04. Tapi, disatu sisi gue juga mikir. Ngapain gue jawab gitu? Gue cuma belom akrab sama mereka dan belom bisa bersosialisasi, bukan berarti kelas gue ini jauh lebih buruk dari kelas sebelumnya kan?

Dan gue mikir lagi. Belom tentu temen 1DB04 juga mikir kalau temen temen mereka yang dulu jauh lebih enak dari sekarang. Buktinya, ada beberapa yang bilang kalo kelas dia jauh lebih asik daripada kelas lama. Kalau ada yang ngomong gitu jujur aja gue lagi males nanggepin. 
Dalem hati gue “Terus gue harus pindah ke kelas lo gitu? Gue harus ngerepotin BAAK dengan masuk ke kelas lo?” 
Dan makanya suasana hati gue akhir-akhir ini juga lagi bener-bener ga mood banget, makanya gue berusaha buat ngebalikin mood gue, tapi SUSAH! Yah, minimal gue bisa deh buat nyembunyiin muka bete gue didepan temen-temen. Tapi tetep gabisa. Nyokap gue aja bilang kalau gue itu emang paling gabisa nyembunyiin ekspresi, gue terlalu banyak ekspresi -_______-

Hm.. 
Gue gajelas kan? 
Iya emang. Tapi ini blog gue, mau gue gajelasin juga hak gue. 
Dan gue sama Erna lagi sebel gara-gara masalah presentasi tugas Struktur Organisasi Data 1 (SOD) kemaren. Well, dari awal emang kita yang salah. Karena apa? Kita ngangkat materi yang salah. Disuruh memori eksternal malah memori internal yang kita presentasiin. 
Dan kita presentasiin tentang RAM. 

Gue baca materi sekenceng-kencengnya sambil jadi operator buat ganti power point di proyektor gue. Ada orang ngomong sedikit langsung gue tambahin kenceng buat nindih suara orang itu WUAKAKAKA. Padahal waktu itu gue ga belajar malemnya .____.V dan dengan nyali yang tinggi gue baca dengan bahu terangkat seakan gue udah nelen semua materi itu. 

Tiba saatnya pada sesi pertanyaan. 
Ada yang nanya beda spesifikasi tipe RAM segini dengan RAM yang ini. Yah, gausah gue sebutin nama tipe RAMnya ya -_- lupa gue haha. 
Si Erna nyerocos ngasih tau pertanyaan ke gue. Akhirnya gue jawab dengan gelagapan ke orang tersebut. Gue ga liat sih bagaimana wajahnya, tapi Erna bilang ke gue setelah selesai kelas, kalau ekspresi dia tuh kaya. 

“Apasih, lo mau jawab pertanyaan gue apa? Apa jawaban lo? Gue mau denger sini!” 
Nama orangnya ga perlu gue sebutin kan? Ya gausah lah, gapenting juga kan ya? Hahaha. 
Terus kenapa sama orang itu? 
Ya, seenggaknya walaupun jawaban dari kelompok gue ini salah, hargai lah, kita udah mencoba untuk menjawab. Gausah sampe ngasih ekspresi gitu, emang dengan ngeremehin kita dia bisa jadi lebih baik dari kita :’) 

Intinya sih gue sebel aja. Dan beberapa dari orang yang udah presentasi lebih dulu dan kata dosen bagus. Menatap gue, Erna, Yuli layaknya sebuah makanan! Seakan sebuah makanan yang siap buat disantap oleh mereka karena mereka jauh lebih baik dari kita. 
Disitu gue udah kesel. Maksudnya apa? Tadinya gue sempet banget pengen nantangin tu orang. “Bisa apa lo?! Emangnya lo yakin lo bisa jauh lebih baik dari GUE?! Sekarang gue mau kita berdua duel presentasi!” pengen banget gue sembur gitu ke mukanya. 
Mereka cowo sih. Tapi tetep aja. TAMPANG SOTOYNYA TUH MINTA DITABOK BANGET. 
GAUSAH BELAGU KALO MASIH SEKELAS SAMA GUE LO! LO BUKAN MAHASISWA UNGGULAN. LO CUMA ANAK BUANGAN YANG SEKELAS SAMA GUE. 
*tarik napas* *buang*

HUF... 
Gue harap sih dia baca ini. Biar nyadar. Gasemua orang yang dia liat itu BODOH. Dan gasemua yang dia lakukan itu benar. Itu baru satu presentasi. 
JUST SHOW ME WHAT YOU GOT ON THE NEXT PRESENTATION. COULD YOU DO BETTER THAN ME?! 
*KABUR* 

Sabtu, 06 Oktober 2012

Sistem Informasi pada Perusahaan

Diposting oleh Icha Elias di 05.07 0 komentar
SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PADA BANK DANAMON DIVISI LTS BANDUNG


.1. Definisi Sistem Informasi Manajemen
Dewasa ini, globalisasi telah menuntut sumber daya manusia untuk bekerja dengan efektif, efisien, dan terkendali melalui peningkatan sumber daya manusia serta pemanfaatan teknologi informasi yang efektif. Sistem Informasi Manajemen kini diperlukan perannya untuk menciptakan integrasi dibidang informasi dan operasi diantara berbagai pihakyang ada disuatu organisasi, baik lokal maupun global.
Namun sebenarnya apakah Sistem Informasi Manajemen itu sendiri? Untuk mengetahui definisinya, kita harus memadukan 3 definisi yaitu dari Sistem, Informasi dan Manajemen.
  - Definisi Sistem
Menurut Azhar Susanto, sistem adalah kumpulan (group) dari sub sistem/komponen/bagian apapun baik fisik maupun non fisik yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai tujuan tertentu.


  - Definisi Informasi
Menurut Gordon Davis, informasi adalah data yang telah diolah kedalam suatu bentuk yang mempunyai arti bagi si penerima dan mepunyai nilai nyata dan terasa bagi keputusan saat itu atau keputusan mendatang.
 

 - Definisi Manajemen
Menurut Jerome Kanter, manajemen adalah selecting, training, dan motivating, yang diasumsikan sebagai bagian dari fungsi pengendalian untuk mengimplementasikan dan mengendalikan keputusan.
Dari ketiga pengertian diatas, dapat kita simpulkan bahwa yang dimaksud dengan Sistem Informasi Manajemen adalah kumpulan dari sub – sub sistem yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama secara harmonis untuk mencapai satu tujuan yaitu mengolah data menjadi informasi yang diperlukan oleh manajemen dalam proses pengambilan keputusan saat melaksanakan fungsinya. Untuk selanjtunya, Sistem Informasi Manajemen kita sebut dengan SIM.


1.2. Tujuan Umum SIM
Adapun tujuan umum dari SIM adalah sebagai berikut :
  - Menyediakan informasi yang dipergunakan dalam perencanaan, pengendalian, pengevaluasian, dan perbaikan berkelanjutan.
  - Menyediakan informasi untuk pengambilan keputusan.
  - Menyediakan informasi yang dipergunakan di dalam perhitungan harga pokok jasa, produk, dan tujuan lain yang diinginkan manajemen.


1.3. Ruang Lingkup SIM
Ruang lingkup dari SIM adalah :
  - Analisa mengenai pelaksanaan organisasi yang diperbandingkan dengan informasi yang terlengkap mengenai saingan-saingan.
  - Penggunaan peramalan ekonomis atau model ekonometrik untuk menetapkan kondisi organisasi yang serupa yang akan ditemukan pada masa yang akan datang.
  - Penggunaan model-model input-output.
  - Tanda-tanda yang lebih cepat mengenai perubahan-perubahan pelaksanaan dari rencana sehingga perbaikan dapat dilakukan sebelum penyimpangan hebat terjadi.


1.4. Fungsi SIM
Fungsi SIM antara lain :
  - Mengumpulkan data, fakta, dan informasi.
  - Mengolah data, fakta, dan informasi.
  - Menyimpan data, fakta, dan informasi.
  - Melihat kembali data, fakta, dan informasi.
  - Menyalurkan data, fakta, dan informasi.


1.5. Komponen Pendukung SIM
  - Sistem Database
Sistem database adalah sebuah bank data yang dapat dijangkau oleh sistem. Database memuat seluruh data perusahaan yang peranannya sangat penting bagi kelancaran organisasi, sehingga dibutuhkan suatu manajemen pengolahan yang baik.
 

 - Decision Support System ( DSS )
Didefinisikan sebagai penerapan sistem informasi yang membantu aktivitas pengambilan keputusan. DSS cenderung digunakan dalam perencanaan untuk menganalisis alternatif serta pecarian pemecahan melalui salahsatu sistem yang ada.
  - Information Resource Management ( IRM )
Merupakan cara pendekatan terhadap manajemen yang didasarkan atas konsep pemikiran bahwa informasi merupakan sebuah konsep organisatoris. Ruang lingkup IRM mencakup komunikasi data dan pemrosesan kata. Konsep IRM menekankan pada efektifitas organisatoris sumber sistem informasi daripada spesifikasi teknikal atau efesiensi perangkat keras dan lunak.
 

 - User Machine System
Diartikan bahwa perancang sebuah sistem informasi manajemen harus memahami kemampuan manusia sebagai pengolah informasi dan perilaku manusia dalam pengambilan keputusan.
 

 - Synergystic Organization
Merupakan sifat pengaturan kerjasama sehingga hasil produksi total dari seluruh anggota organisasi ( totalitas ) lebih besar daripada jumlah hasil anggota organisasi itu.

SIM dalam perusahaan sangat penting sekali dalam menunjang kinerja perusahaan, karena sebuah perusahaan yang mempunyai jaringan yang sangat luas membutuhkan data yang sangat cepat, inovatif dan akurat dalam menunjang operasional perusahaan. Namun dalam hal ini juga SIM dapat berfungsi bila ada sistem keuanganyang tentunya lengkap, memadai dan akurat. Sistem informasi manajemen perusahaan tidak akan berjalan dengan baik apabila tidak ditunjang dengan sistem informasi masing-masing divisi misalnya sistem informasi operasional keuanganyang memegang peranan amat penting dalam perusahaan, terutama untuk institusi keuangan seperti bank.


credit :  http://chanisia.wordpress.com/2010/01/01/sistem-informasi-pada-perusahaan/
 

Icha's Room Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review