Kamis, 10 Mei 2012

Diary si Icha -_-

Diposting oleh Icha Elias di 05.51 0 komentar
Hallo ^^

ketemu lagi dengan si owner of ichaelias blog -_-

muka gue manis banget ya pas opening ck

gue kesel setengah jengkel kawan *apasih* dan gue juga bingung kenapa gue nulis hal gapenting beginian di blog gue yang berisi tugas-tugas *sebenernya suka suka gue sih, blog gue ini* #bigslapped

Ehem...

pada hari rabu, tanggal 2 mei 2012 gue lagi duduk di DPR kampus E *dibawah pohon rindang* -_- yang tentu saja POHON GEDE itu milik UNIVERSITAS GUNADARMA *sengaja gue gedein*

Gue lagi nunggu temen gue disitu. Mereka belom dateng dan gue itu paling males jalan kekelas gue sendirian.

Sambil nunggu kan gue denger musik, mata gue langsung tertuju pada sebuah SPANDUK gede dideket spanduk spanduk laennya. gue baru nyadar itu spanduk baru.

disitu ada tulisan "Gelar Seni Mahasiswa Gunadarma (GSMG)" gue liatin ada berapa bidang seni yang bisa diikutin. gue berharap gue bisa berpartisipasi.

disitu ada tulisan "Cerpen"

Naaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaah kebetulan sangat tuh... gue pengen menyalurkan bakat yekan *bakat?*

Jadi gue ikutan dan langsung daftar hari sabtunya. sebenernya gue rada shock pas tau tema cerpennya ditentuin yaitu tentang "PERSATUAN DAN PERDAMAIAN INDONESIA"

gue cuma bisa bilang

BUSET

Insane. mana bisa gue bikin cerpen kaya gitu! gue udah males ikutan deh tuh tapi sampe akhirnya gue mikir. gimana bisa jadi penulis kalo gabisa naklukin tema begituan. oke gue bikin tuh cerpen bertema itu.

Gue bikin cerpennya dalam waktu dua jam. Singkat banget, gue bikin sampe gabergerak sama sekali dari depan laptop. Nahan pipis, nahan aus gara-gara lagi serius seriusnya. Bagaikan "Senggol Bacok" tuh gue waktu itu. -_-

Gue kirim tuh email akhirnya, emailnya ke kemahasiswaan gitu. Gue disms sama panitia katanya gangguan teknis jadi disuruh bawa print out pada hari senen. Kesel gue. Gue tuh udah gamau liat cerpen gue lagi. Ini malah disuruh bawa, kan kesel!

Yaudah gue bawa pas hari senen ke gedung 460 dikampus D. sekalian ada technical meeting gitu. Gue ketemu kaka kelas gue yang sejurusan disitu. Ada ka Yoan sama ka Tias. Mereka ikut lomba nyanyi, suara mereka bagus asli!

Oke, pas hari senen gue Cuma luntang lantung gajelas di tempat duduk sambil nahan dingin, karena ACnya udah kaya mau bunuh orang!
Seninnya sih gaada apa-apaan. Gue juga males dating kalo emang gaada apa-apaan.

Besoknya, hari selasa tanggal 8 mei 2012 itu final tuh. Dari semua lomba bakal diumumin pemenangnya pas sorenya.

Gue nunggu dengan sabar disitu, karena gue emang gangapa-ngapain, Cuma nontonin orang nyanyi aja. Mana ada lomba dangdut pula -_-

Pas bapak yang bacain pengumuman itu hati gue udah deg-degan. Gue berharap gue menang, tapi gue yakin kalau gue gamenang walaupun yang ikut Cuma 10 jadi 6 orang.

Dan….

Pemenangnya bukan gue :'''''

Nyesek. Wajar, namanya udah berusaha. Pas tau kita gamenang kan sedih juga kan?
Gue rada sebel, tapi kata kaka kaka. "Udah gapapa. Terus semangat" yaudah gue cuma nyengir dan gangomong apa-apa. Pengen nangis sih, tapi malu ah -______________-

Temen gue anak akuntansi yang baru ketemu sama gue sehari sebelumnya menang juara 1 jadi juara dangdut.

Well, gue kasih selamet. Gue juga seneng kok dia menang :) ka Yoan juga menang juara 3 lomba nyanyi solo :D
Seneng lah intinya temen temen gue menang :D walau gue gamenang.

Nah, yang menang itu bakal diadu lagi untuk melawan universitas lainnya di seluruh Jakarta. Aduh, gasanggup gue kalau gue yang menang. Tapi disatu sisi kalau gue menang, gue bisa masuk UG News *Koran kampus gue* ebukan deh -_- gue bisa bikin bangga mamah dan papah gue :') tapi ternyata gabisa. Sorry dad, mom. I'll always to try the best for you.

Soalnya kan adek gue juga pernah lomba bikin cerpen. Gue seneng sih. But, gue harap gue bisa juga. Karena cita-cita gue dari SD itu emang jadi penulis.

Apalagi, pas udah kuliah. Jati diri menulis gue makin menggebu dan tambah pengen jadi penulis. Tapi baru tingkat universitas aja gagal. Gimana mau jadi penulis kan?

Gue sempet mikir gitu waktu itu. Pengen nyerah tapi gimana. Temen-temen gue selalu nyemangatin, yaaa gue gamaulah ngecewain mereka yang udah kasih semangat. Pas gue bilang gue kalah, gue bbm si erna dengan "Na, gue kalah :')"

Dia langsung bales dengan ngasih semangat buat gue. Padahal disitu gue udah nahan tangis. Takut keluar air mata kan gue juga yang malu.
Dengan rasa yang gimana gitu pas acara berakhir gue langsung jalan nyamperin wartaman UG news dan meminta sesuatu.

Gue minta sama dia kalau si pemenang cerpen nampilin cerpen buatannya di UG News. Gue pengen tau kelebihan dia, dan gue pengen tau kelemahan gue sehingga gue gabisa jadi pemenang. Eeeeeehhh bapak bapak itu malah ngasih nomer dia biar gue disuruh kirim cerpennya ke UG News. Yaudah gue bilang nanti gue kirim. Tapi gue malu :''(
terus dia bilang kalau yang menang itu anak ILMU KOMUNIKASI.

What the hell!!!! Anak ilmu komunikasi itu selalu belajar BAHASA kawan kawan!
dan sangat berbanding terbalik dengan gue yang sama sekali gaada pelajaran bahasa Indonesia. Mata kuliah di jurusan gue tuh tiap hari KODINGAN PROGRAM MULU! Lah, masa gue mau bikin cerpen dengan kodingan program –oo-

Akhirnya gue mikir. Okelah, gapapa gue kalah saat ini. Saingan gue mungkin memang berat. Karena gue masih kelas satu, gue akan janji gue bakal ikutan lomba nulis lagi tahun depan. Gue gabakal nyerah sebelum dapet PENGHARGAAN PEMENANG LOMBA CERPEN dari GUNADARMA. INGAT ITU!!! *ketawa setan*

Temen temen gue udah ngasih gue semangat. Malah mereka yakin banget gue bakal menang. Tapi bagi gue, gue udah jadi pemenang kok :)

Perjalanan gue masih sangat amat panjang untuk menjadi seorang penulis. Walaupun gue juga sangat amat pengen menjadi seorang programmer. Tapi jadi penulis adalah target gue. Gue gabakal puas kalau itu belom tercapai ;)

Well, gue akan ngepost cerpen gue di blog gue ini. Maaf jelek ya, bikinnya bener bener kepepet.

Mengalah untuk menang. Itu yang ada di otak gue. Sama guru SMK gue, gue dan temen temen diajarkan untuk begitu. Saat lo mengalah, dalam hati lo tertumbuh kemenangan.

Dan saat gue kalah kemarin, gue ada rasa bangga sedikit. Seenggaknya gue berani berpartisipasi.

And sometimes, I'm gonna have to lose :)





yaudah terimakasih udah mau dengerin curahan hati saya muakakakak~
jangan bosen bosen ya XD

Senin, 30 April 2012

UNTILTED!!

Diposting oleh Icha Elias di 02.21 0 komentar
Hallo~ akhirnya gue pengen coret coret blog gue lagi nih~
meskipun banyak banget nih kerjaan yang belom gue kerjain. salah satunya tuh.. ada rikuesan cerpen 3 sahabat gue (yang satu alhamdulillah udah jadi) buat tugas T___________T
otak gue mumet banget deh.. bingung mau buat cerpen apaan.. sumpeh gapunya ide Щ(ºДºЩ)
gue aja bingung mau buat apa buat tugas softskill gue .__. mana semester ini gue mau dapet nilai A +++++ dalam karya tulis gue.....

gue rada nyesek sih.. nemu blog temen gue yang CUMA CURHAT tapi dia dapet nilai A !!! WHAT THE HELL IS THAT!!!
kalo gitu mah kemaren gue curhat ajaaaaaa! :p
susah susah bikin cerpen 20 halaman, ternyata yang curhat dapet A juga (-̩̩̩-̩̩̩_-̩̩̩-̩̩̩)

ehem gue mau cerita dikit ya~
jadi cita cita gue dari SD itu emang jadi penulis novel gitu. gue pengen banget novel atau cerpen gue tampil.. ga mengharapkan imbalan atau uang saku dulu deh.. gue cuma mau cerita gue dibaca oleh mereka. dan gue pengen tau gimana opini mereka setelah baca cerpen gue..

nah waktu SMA (kelas 2 kalo gasalah) gue kan anggota osis tuh *beresin kerah baju* wkwkwkwk XD #slapped
saat itu ada majalah kota depok. semacem majalah sekolah, jadi yang mau masukin cerita, puisi atau apa aja bakal ditampilin tanpa PIKIR PANJANG. nah, dengan percaya diri nih yaaa.. gue bikin cerpen. cerpennya emang rada maksa sih -_-- tapi serius itu bikinan gue sendiri! gue ga jiplak!
nah gue kirim tuh. kebetulan temen gue juga ada yang kirim cerpen. tapi dia tentang cinta gitu, sementara gue tentang seorang pianis gitu deh kalo gasalah (berarti bener)
dia pun percaya diri.. nah gue baca cerita dia.. oke, bagus sih... tapi..............gitu deh..

beberapa minggu kemudian....

TAU TAUNYAAAAAAAAAAAAAAAAAAA.....
CERPEN GUE GAKETERIMA!!!!! Щ(¯̩̩̩Д¯̩̩̩щ) TAPI CERPEN TEMEN GUE KETERIMA!!!
disitu gue masih nyantai.. siapa tau bulan depan yekan? yaudah, gue tunggu sampe bulan depan. DAN TERNYATA!!!
GAKETERIMA JUGAAAAAAAA!!! Demi ALLAH, disiitu gue shock! cerita yang gue bikin selama beberapa jam itu gaditerima. dengan segala kenyesakan gue, gue langsung ambil gagang telfon rumah (gamau nelpon pake hape gue, gasudi!)
gue tunggu tuh.. supaya diangkat.. gue tanya "Maaf, mau tanya..kenapa cerpen saya yang berjudul Kenangan sang pianis gaketerima ya?" kata gue, nahan nangis tuh gue.
"Oh, maaf ya.. cerita yang anda buat terlalu mengada-ngada dan tidak baik untuk dibaca"
GUE DIEM.
HATI GUE NYESEK SENYESEK NYESEKNYA.
GUE PENGEN MARAH.
abis itu gue lupa waktu itu gue ngomong apa. intinya, gue tutup telpon hampir ngebanting (untung gaada nyokap. Gue pengen banget ngomelin tuh orang!!! NAMANYA CERPEN ITU MENGADA-NGADA LAH... KALO MAU YANG BENERAN MAH TRUE STORY DODOL!!!

tarik nafas... buang...
okeh, mungkin itu bukan rezeki gue...

sampe sekarang gue terus nyoba kirim cerpen gue ke majalah-majalah. tapi masih belom keterima :')
mungkin gue masih terus berusaha.

terus pas gue sekolah. temen gue YANG CERPENNYA KETERIMA BERTA DENGAN PENUH KESOMBONGAN DIDEPAN GUE. gue cuma nyengir kuda. gue bilang selamet kedia dengan muka gue yang ( ˆ⌣ˆ ) tapi dalam hati gue Щ(ºДºщ)

terus temen gue itu, bikin novel... temen temen gue yang lain makin muji muji dia. ada yang bilang "(nama sensor) cerita lo bikin gue nangis" dan laen laen.. gue cuma bisa ¬_¬
ceritanya bagus.. iya baguuus... hahaha
dan setiap gue bikin cerpen, GAADA YANG PERNAH MAU BACA.. pernah, sekali kalinya.. itu cuma satu orang T__________T segitu menjijikannya kah karya tulisan gue..
pas UN gue berhenti nulis nulisan.. gue vakum. *cielah*

terus pas kuliah jiwa menulis gue hadir saat gue bikin sebuah kisah cinta.. WAKAKAKAKAKAK
dan alhamdulillah temen temen dikampus gue suka :') sebenernya tuh gue MALU bangetttt...
hahaha tapi gue suruh baca mereka. mereka nyemangatin gue. terus dukung gue..
seneng banget punya temen kaya gitu (˘̩̩̩˘̩̩̩˘̩̩̩⌣˘̩̩̩˘̩̩̩˘̩̩̩)
dan mereka bilang, gue cocokan kuliah sastra daripada MI hahahahahahahahahahha
tapi mau diapain ya, gue udah terlanjur masuk MI -_-
terus gue didoain jadi penulis .. YA ALLAH :'')

intinya, gue mau nyampein!! kalo gue juga pasti bisa jadi WRITER!!!
gue pengen seperti ILANA TAN, JK ROWLING, JRR TOLKIEN, MEG CABOT DLLL
gue pengen banget kalo suatu saat nanti, gue ngadain sesi tanda tanganin buku gue .. YA ALLAH itu impian gue banget dari dulu :'''')

disini, gue butuh doanya. walaupun gue udah pernah diejek dibilang karya gue galayak masuk! yang penting gue harus bisa jadi PENULIS!!!
YEAH~!!! FIGHTING!!!



Minggu, 29 April 2012

Record Retention Schedule

Diposting oleh Icha Elias di 22.40 0 komentar

Record retention schedule

Menurut FX soedjadi record retention schedule adalah suatu kebijaksanaan yang harus dilakukan dalam rangka proses manajemen, yaitu yang berhubungan dengan penggolongan, pemilihan, distribusi, maupun disposisi dari record untuk menentukan records yang mana yang perlu tetap disimpan untuk selama-lamanya serta jenis-jenis records yang mana dan yang dalam jangka waktu berapa lama pula perlu dimusnahkan karena sudah tidak diperlukan lagi.
Penggolongan records dilakukan untuk mengatasi masalah dalam melakukan pemilihan dan menentukan kapan suatu records harus dimusnahkan atau disimpan untuk sementara ( temporary storage) atau kapan suatu records ttersebut harus dimusnahkan atau disimpan untuk selamanya (permanent storage ).
Ada empat penggolongan records menurut FX Sudjadi, antara lain :
Records yang tidak penting (nonessential)
Records ini dimaksudkan adalah semua surat-surat, catatan-catatan, maupun laporan yang hanya digunakan dalam waktu yang singkat atau bisa saja laporan itu hanya digunakan untuk bebberapa menit saja oleh karena itu records ini sebaiknya dimusnahkan kalau kegunaanya sudah dipakai dan tidak perlu disimpan.
Yang termasuk kedalam recods ini yaitu :
Nota-nota pembeliaaarn barang yang sudah lunas
Slip-slip surat pendaftaraan
Surat-surat undangan dari karyawan atau relasi
Pengumuman yang berhubungan dengan kegiatan sehari-hari
Pesanan-pesanan yang menyangkut kegiatan rutin

Records yang tidak dimanfaatkan 

Records ini maksudnya adalah records yang masa penggunaanya dalam waktu yang terbatas sehingga perlu dimasukkan ke dalam file yang untuk sementara waktu disimpan untuk kemudian dimussnahkan kalau sudah melewati batas waktu kadaluarsa
Yang tergolong dalam records ini adalah sebagai berikut :
Surat-surat undangan rapat
Dokumen-dokumen yang bersifat periodik
Surat-surat keterangan ijin dan sakit
Surat-surat dinas ke cabang perusahaan

Records yang penting

Yang termasuk records ini adalah catatan-catatan, laporan-laporan ataupun dokumen-dokumen yang mempunyai waktu penggunaanya dalam jangka waktu yang cukup lama, misalnya dalam jangka waktu 4 atau 5 tahun
Yang termasuk dalam records ini antara lain adalah :
Dokumen-dokumen penjualan
Laporan-laporan keuangan
Catatan-catatan pembukuan mengenai penerimaan dan pengeluaran masalah keuangan
Wesel-wesel tagih

Records yang sangat penting

Maksudnya records ini adalah recods inilah yang akan disimpan selama-lamanya sampai bangkrutnya perusahaan ( instansi yang bersdangkutan )

Yang tergolong dari records ini adalah sebagai berikut :
Surat akte pendirian bangunan dan guna pakai
Surat perjanjian kontrak
Surat-surat asuransi
Surat-surat keputusan
Surat ijin pengoperasian kegiatan perusahaan
Surat-surat hak milik perusahaan ,.

credit :  http://ayienyen.blogspot.com/2009/11/record-retention-schedule.html

Minggu, 22 April 2012

FILING

Diposting oleh Icha Elias di 05.56 0 komentar

PENGERTIAN FILING

Filing adalah segala tindakan atau perbuatan atau kegiatan yang berhubungan dengan masalah pengumpulan, klasifikasi, penyimpanan, penempatan, pemeliharaan dan distribusi atas surat – surat, catatan – catatan, perhitungan – perhitungan, grafik – grafik, data ataupun informasi yang lain dan tindakan tersebut dilakukan dengan setepat – tepatnya dalam rangka melakakukan suatu proses manajemen serta catatan maupun surat tersebut dapat ditemukan kembali dengan mudah.
Mengapa suatu Filing diperlukan dalam suatu perusahaan ?
  1. dihubungkan dengan bisa tidaknya surat yang disimpan tersebut dipakai dengan mengikuti perubahan di waktu yang akan dating baik menyangkut masalah yang berhubungan dengan perencanaan,pengembangan perusahaan, maupun kemajuan dan perubahan organisasi.
  2. Masalah keamanan penempatan FILING yang sebaiknya sewaktu – waktu jika diperlukan dapat dengan mudah ditemukan, hal ini sangat penting karena menyankut dengan proses pengambilan keputusan yang akan dilakukan perusahaan. Sehingga kecepatan waktu dalam penemuan surat yang dibutuhkan seorang manager sangat perlu diperhatikan.
  3. FILING merupakan suatu tempat penampungan daya ingatan seorang manajer yang sewaktu – waktu jika diperlukan harus dengan cepat ditemukan.
  4. FILING yang dibuat setepat – tepatnya baik pada saat penyimpanan disebut sebagai warkat atau PAPERS
Papers tersebut antara lain :
- Surat pembayaran barang
- Surat penerimaan barang
- Surat hutang
- Surat asuransi
- Surat penjualan barang
- Surat pengiriman barang dll

PENYUSUNAN PAPERS KE DALAM FILE
 
Untuk menunjang keamanan penyimpanan papaers bisa dilakukan dengan beberapa cara misalnya :

1. system penyusunan papers menurut abjad

Penyusunan papers berdasarkan abjad ini masih dibagi lagi menjadi beberapa bagian misalnya berdasarkan :
a. Nama orang, nama pendaftar, nama mahasiswa dan sebagainya
b. Masalah yang akan dibahas, topic yang dibicarakan
 
Untuk mempermudah penempatan dan penemuan kembali papers – papers yang bersangkutan maka sebaiknya dalam tempat penyimpanan papers pada awal nama diselipkan huruf abjad yang sesuai dengan nama depan atau huruf depannya misalnya untu setiap pengatian nama atau topic ditulis kedalam lembaran yang menonjol sehingga mudah dlama mencari topic atau nama yang lainya.

2. system penyusunan papers menurut subyek
 
Penyusunan papers menurut subyek ini merupakan modifikasi dari penyusunan papers menurut abjad. Modifikasi tersebut dalam hal ini surta atau subyek pokoknya jadi tidak semata –mata abjadnya saja.

3. system penyusunan papers menurut nomor
 
Penyusunan papers ini dengan jalan menempatkan file – file kedalam tempat yang sesuai untuk kemudian setiap tabs (adalah lembaran menonjol sehingga jelas menjadi pembatas antara bagian – bagian yang berbeda) dari masing – masing file yang dibubuhi nomor dan menempatkannya sesuai dengan nomor surat. Penyusunan ini biasa digunakan untuk paper-papers seperti cek, wesel atau surat – surat berharga lainnya.

4. system penyusunan papers menurut daerah
 
File ini digunakan pada instansi atau perusahaan yang mempunyai kantor cabang.
Manfaat penggunaan system file ini yaitu dapat dengan mudah mengetahui luasnya wilayah penjualan atau tanggung jawab masing-masing cabang sehingga dapat membuat atau memperkirakan anggaran belanja, oengahasilan , biaya perseorangan yang dibutuhkan untuk memperlancar operasi perusahaan.

5. system penyusunan papers menurut waktu
 
Penyusunan file dilakukan dengan memperhatikan urutan waktu penerimaan papers dan jangan lupa system ini sangat ditunjang keberhasilannya dengan memakai system tabs.
Cara ini biasanya dipakai untuk mencatat semua tagiahan menurut urutan jatuh tempo atau pemberian kredit usaha ataupun korespondensi dan sebagainya.
Manfaat system ini bisa diketahui kapan suatu piutang sudah saatnya ditagih, beberapa jumlahnya dan berapa denda atau biaya ditanggung dalam jangka waktu pendek, kapan saat mendesaknya dan sebagainya.

PERKEMBANGAN PENYIMPANAN DATA

Perkembangan penyimpanan data yang diperlukan suatu perusahaan yang sewaktu – waktu dapat diambil dengan mudah cepat berkembang seiring dengan perkembangan kemajuan teknologi.
Perkembangan teknologi yang sangat membantu meringankan beban petugas penyimpanan data adalah perkembangan teknologi di bidang teknik computer dimana dengan perkembangan teknologi computer maka sekarang dapat digunakannya mesin – mesin electronic data processing, pita suara, laser disc, compact disc dsb.
 
Ada batas – batas waktu tertentu suatu papers sudah tidak dibutuhkan lagi atau diperlukan surat – surat tertentu kita masukkan kedalam suatu file.
Kebijaksanaan tersebut yaitu maslah bagaimana penerapan suatu system filing benar – benar tepat dilakukan, bagaimana kegunaan penyimpanan suatu papers atau apa yang akan diperoleh dengan penyimpanan suatu papers dapat kita pelajari dalam kebijaksanaan di bidang Records Retention Schedule.

credit : http://argienanlenka.blogdetik.com/2010/07/17/pengertian-filing/

Sabtu, 10 Maret 2012

Komunikasi Dalam Organisasi

Diposting oleh Icha Elias di 04.41 2 komentar
PENGERTIAN

Komunikasi dalam organisasi sangat penting dengan adanya seseorang bisa berhubungan dengan orang lain dan saling bertukar pikiran yang bisa menambah wawasan seseorang dalam bekerja atau menjalani kehidupan sehari-hari.

Dibawah ini beberapa pendapat yang mendefinisikan komunikasi secara terpisah.

1. Keith Davis

Communication is the process of passing information and understanding from one person to another.

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian informasi dan pengertian dari satu orang ke orang lain.


2.  Chester I Bernard

Komunikasi adalah suatu alat dimana orang – orang yang bersangkutan saling berhubungan satu sama lain dalam suatu organisasi untuk mencapai tujuan umum.


3. Koontz O’Donnell

Komunikasi adalah sebagai suatu pemindahan informasi dari satu orang ke orang yang lain.



Komunikasi organisasi pada umumnya membahas tentang struktur dan fungsi organisasi, hubungan antarmanusia, komunikasi dan proses pengorganisasian serta budaya organisasi.Komunikasi organisasi diberi batasan sebagai arus pesan dalam suatu jaringan yang sifat hubungannya saling bergantung satu sama lain meliputi arus komunikasi vertikal dan horizontal.

Gaya komunikasi organisasi :
 

Gaya komunikasi mengendalikan

Gaya komunikasi mengendalikan (dalam bahasa Inggris: The Controlling Style) ditandai dengan adanya satu kehendak atau maksud untuk membatasi, memaksa dan mengatur perilaku, pikiran dan tanggapan orang lain. Orang-orang yang menggunakan gaya komunikasi ini dikenal dengan nama komunikator satu arah atau one-way communications.

Pihak - pihak yang memakai controlling style of communication ini, lebih memusatkan perhatian kepada pengiriman pesan dibanding upaya mereka untuk berharap pesan. Mereka tidak mempunyai rasa ketertarikan dan perhatian untuk berbagi pesan. Mereka tidak mempunyai rasa ketertarikan dan perhatian pada umpan balik, kecuali jika umpan balik atau feedback tersebut digunakan untuk kepentingan pribadi mereka. Para komunikator satu arah tersebut tidak khawatir dengan pandangan negatif orang lain, tetapi justru berusaha menggunakan kewenangan dan kekuasaan untuk memaksa orang lain mematuhi pandangan-pandangannya.

Pesan-pesan yag berasal dari komunikator satu arah ini, tidak berusaha ‘menjual’ gagasan agar dibicarakan bersama namun lebih pada usaha menjelaskan kepada orang lain apa yang dilakukannya. The controlling style of communication ini sering dipakai untuk mempersuasi orang lain supaya bekerja dan bertindak secara efektif, dan pada umumnya dalam bentuk kritik. Namun demkian, gaya komunikasi yang bersifat mengendalikan ini, tidak jarang bernada negatif sehingga menyebabkan orang lain memberi respons atau tanggapan yang negatif pula.

Gaya komunikasi dua arah



The Equalitarian Style Aspek penting gaya komunikasi ini ialah adanya landasan kesamaan. The equalitarian style of communication ini ditandai dengan berlakunya arus penyebaran pesan-pesan verbal secara lisan maupun tertulis yang bersifat dua arah (two-way communication). Dalam gaya komunikasi ini, tindak komunikasi dilakukan secara terbuka. Artinya, setiap anggota organisasi dapat mengungkapkan gagasan ataupun pendapat dalam suasana yang rileks, santai dan informal. Dalam suasana yang demikian, memungkinkan setiap anggota organisasi mencapai kesepakatan dan pengertian bersama.

Orang-orang yang menggunakan gaya komunikasi yang bermakna kesamaan ini, adalah orang-orang yang memiliki sikap kepedulian yang tinggi serta kemampuan membina hubungan yang baik dengan orang lain baik dalam konteks pribadi maupun dalam lingkup hubungan kerja. The equalitarian style ini akan memudahkan tindak komunikasi dalam organisasi, sebab gaya ini efektif dalam memelihara empati dan kerja sama, khususnya dalam situasi untuk mengambil keputusan terhadap suatu permasalahan yang kompleks. Gaya komunikasi ini pula yang menjamin berlangsungnya tindak berbagi informasi di antara para anggota dalam suatu organisasi.



The Structuring Style



Gaya komunikasi yang berstruktur ini, memanfaatkan pesan-pesan verbal secara tertulis maupun lisan guna memantapkan perintah yang harus dilaksanakan, penjadwalan tugas dan pekerjaan serta struktur organisasi. Pengirim pesan (sender) lebih memberi perhatian kepada keinginan untuk memengaruhi orang lain dengan jalan berbagi informasi tentang tujuan organisasi, jadwal kerja, aturan dan prosedur yang berlaku dalam organisasi tersebut.

Stogdill dan Coons dari The Bureau of Business Research of Ohio State University, menemukan dimensi dari kepemimpinan yang efektif, yang mereka beri nama Struktur Inisiasi atau Initiating Structure. Stogdill dan Coons menjelaskan mereka bahwa pemrakarsa (initiator) struktur yang efisien adalah orang-orang yang mampu merencanakan pesan-pesan verbal guna lebih memantapkan tujuan organisasi, kerangka penugasan dan memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang muncul.



The Dynamic style

Gaya komunikasi yang dinamis ini memiliki kecenderungan agresif, karena pengirim pesan atau sender memahami bahwa lingkungan pekerjaannya berorientasi pada tindakan (action-oriented). The dynamic style of communication ini sering dipakai oleh para juru kampanye ataupun supervisor yang membawa para wiraniaga (salesmen atau saleswomen).

Tujuan utama gaya komunikasi yang agresif ini adalah mestimulasi atau merangsang pekerja/karyawan untuk bekerja dengan lebih cepat dan lebih baik. Gaya komunikasi ini cukup efektif digunakan dalam mengatasi persoalan-persoalan yang bersifat kritis, namun dengan persyaratan bahwa karyawan atau bawahan mempunyai kemampuan yang cukup untuk mengatasi masalah yang kritis tersebut.



The Relinguishing Style


Gaya komunikasi ini lebih mencerminkan kesediaan untuk menerima saran, pendapat ataupun gagasan orang lain, daripada keinginan untuk memberi perintah, meskipun pengirim pesan (sender) mempunyai hak untuk memberi perintah dan mengontrol orang lain.

Pesan-pesan dalam gaya komunikasi ini akan efektif ketika pengirim pesan atau sender sedang bekerja sama dengan orang-orang yang berpengetahuan luas, berpengalaman, teliti serta bersedia untuk bertanggung jawab atas semua tugas atau pekerjaan yang dibebankannya.



The Withdrawal Style



Akibat yang muncul jika gaya ini digunakan adalah melemahnya tindak komunikasi, artinya tidak ada keinginan dari orang-orang yang memakai gaya ini untuk berkomunikasi dengan orang lain, karena ada beberapa persoalan ataupun kesulitan antarpribadi yang dihadapi oleh orang-orang tersebut.

Dalam deskripsi yang kongkrit adalah ketika seseorang mengatakan: “Saya tidak ingin dilibatkan dalam persoalan ini”. Pernyataan ini bermakna bahwa ia mencoba melepaskan diri dari tanggung jawab, tetapi juga mengindikasikan suatu keinginan untuk menghindari berkomunikasi dengan orang lain. Oleh karena itu, gaya ini tidak layak dipakai dalam konteks komunikasi organisasi.



Jadi yang dimaksud dengan Komunikasi organisasi adalah pengiriman dan penerimaan berbagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informal dari suatu organisasi (Wiryanto, 2005). Komunikasi formal adalah komunikasi yang disetujui oleh organisasi itu sendiri dan sifatnya berorientasi kepentingan organisasi. Isinya berupa cara kerja di dalam organisasi, produktivitas, dan berbagai pekerjaan yang harus dilakukan dalam organisasi. Misalnya: memo, kebijakan, pernyataan, jumpa pers, dan surat-surat resmi. Adapun komunikasi informal adalah komunikasi yang disetujui secara sosial. Orientasinya bukan pada organisasi, tetapi lebih kepada anggotanya secara individual.



Komunikasi Organisasi juga dapat didefinisikan sebagai pertunjukkan dan penafsiran pesan di antara unit-unit komunikasi yang merupakan bagian suatu organisasi tertentu. Suatu organisasi terdiri dari dari unit-unit komunikasi dalam hubungan hierarkis antara yang satu dengan lainnya dan berfungsi dalam suatu lingkungan.


PROSES KOMUNIKASI ORGANISASI

KOMUNIKASI INTERNAL




Pertukaran gagasan di antara para administrator dan karyawan dalam suatu perusahaan, dalam struktur lengkap yang khas disertai pertukaran gagasan secara horisontal dan vertikal di dalam perusahaan, sehingga pekerjaan dapat berjalan. Empat Dimensi Komunikasi organisasi



1. Downward communication Yaitu komunikasi yang berlangsung ketika orang-orang yang berada pada tataran manajemen mengirimkan pesan kepada bawahannya. Fungsi arus komunikasi dari atas ke bawah ini adalah:

a) Pemberian atau penyimpanan instruksi kerja (job instruction)

b) Penjelasan dari pimpinan tentang mengapa suatu tugas perlu untuk dilaksanakan (job retionnale) c) Penyampaian informasi mengenai peraturan-peraturan yang berlaku (procedures and practices)

d) Pemberian motivasi kepada karyawan untuk bekerja lebih baik.
Ada 4 metode dalam penyampaian informasi kepada para pegawai menurut Level (1972):

1. Metode tulisan

2. Metode lisan

3. Metode tulisan diikuti lisan

4. Metode lisan diikuti tulisan



2. Upward communication Yaitu komunikasi yang terjadi ketika bawahan (subordinate) mengirim

pesan kepada atasannya. Fungsi arus komunikasi dari bawah ke atas ini adalah:

a) Penyampaian informal tentang pekerjaan pekerjaan ataupun tugas yang sudah dilaksanakan

b) Penyampaian informasi tentang persoalan-persoalan pekerjaan ataupun tugas yang tidak dapat diselesaikan oleh bawahan

c) Penyampaian saran-saran perbaikan dari bawahan

d) Penyampaian keluhan dari bawahan tentang dirinya sendiri maupun pekerjaannya.


Komunikasi ke atas menjadi terlalu rumit dan menyita waktu dan mungkin hanya segelintir kecil manajer organisasi yang mengetahui bagaimana cara memperoleh informasi dari bawah. Sharma (1979) mengemukakan 4 alasan mengapa komunikasi ke atas terlihat amat sulit:

1. Kecenderungan bagi pegawai untuk menyembunyikan pikiran mereka

2. Perasaan bahwa atasan mereka tidak tertarik kepada masalah yang dialami pegawai

3. Kurangnya penghargaan bagi komunikasi ke atas yang dilakukan pegawai

4. Perasaan bahwa atasan tidak dapat dihubungi dan tidak tanggap pada apa yang disampaikan pegawai


3. Horizontal communication Yaitu komunikasi yang berlangsung di antara para karyawan ataupun bagian yang memiliki kedudukan yang setara. Fungsi arus komunikasi horisontal ini adalah:

a) Memperbaiki koordinasi tugas

b) Upaya pemecahan masalah

c) Saling berbagi informasi

d) Upaya pemecahan konflik

e) Membina hubungan melalui kegiatan bersama


4. Interline communication Yaitu tindak komunikasi untuk berbagi informasi melewati batas-batas fungsional. Spesialis staf biasanya paling aktif dalam komunikasi lintas-saluran ini karena biasanya tanggung jawab mereka berhubungan dengan jabatan fungsional. Karena terdapat banyak komunikasi lintas-saluran yang dilakukan spesialis staf dan orang-orang lainnya yang perlu berhubungan dalam rantai-rantai perintah lain, diperlukan kebijakan organisasi untuk membimbing komunikasi lintas-saluran.


Ada dua kondisi yang harus dipenuhi dalam menggunakan komunikasi lintas-saluran: 1. Setiap pegawai yang ingin berkomunikasi melintas saluran harus meminta izin terlebih dahulu dari atasannya langsung 2. Setiap pegawai yang terlibat dalam komunikasi lintas-saluran harus memberitahukan hasil komunikasinya kepada atasannya


credit : http://id.wikipedia.org/wiki/Komunikasi_organisasi

Kamis, 08 Maret 2012

Tata Kerja, Prosedur Kerja dan Sistem Kerja

Diposting oleh Icha Elias di 04.32 0 komentar
Dalam mengartikan tata kerja,prosedur dan sistem kerja akan kita pisahkan pengertian unntuk masing-masing supaya jelas dalam memahaminya.


Tatakerja merupakan cara melaksankan suatu pekerjaan dengan benar dan berhasil guna atau bisa mencapai tingkat efisien yang maksimal.


Prosedur kerja merupakan tahapan dalam tata kerja yang harus dilalui suatu pekerjaan baik mengenai dari mana asalnya dan mau menuju mana,kapan pekerjaan tersebut harus diselesaikan maupun alat apa yang harus digunakan agar pekerjaan tersebut dapat di selesaikan.


Sistem kerja merupakan susunan antara tatakerja dengan prosedur yang menjadi satu sehingga membentuk suatu pola tertentu dalam melnyelesaikan suatu pekerjaan.
Metode sistem kerja merupakan kesatuan ide yang dapat diaplikasikan
dimana penggunaan konsep ”sistem kerja” dianggap sebagai titik untuk
memahami, menganalisa dan memperbaiki sistem dalam suatu organisasi,
baik IT termasuk di dalamnya ataupun tidak.


Dasar dari metode sistem kerja, antara lain :


1. Hubungan antara sistem kerja dan bidang sistem informasi
Konsep dari sistem kerja yaitu kasus umum yang mencakup sistem
informasi, projects, rantai nilai, rantai supply dan kasus spesial lainnya.


2. Warisan dari komponen dan properti dari sistem kerja
Kasus spesial dari sistem kerja, sistem informasi dan projects mungkin
mewariskan elemen sistem, properti dan generalisasi dari sistem kerja
secara umum.


3. Pemahaman tujuan dan kunci sukses dari sistem informasi
Sistem informasi yang ada mendukung satu atau lebih dari sistem kerja
yang mungkin tidak sama sekali, sebagian ataupun seluruhnya
menggunakan sistem informasi.


4. Pengaplikasian prinsip umum mengenai sistem kerja
Kesatuan dari prinsip umum yang berhubungan dengan sistem kerja
merupakkan dasar dari metode sistem analisa dimana bisnis dan pekerja
IT dapat menggunakan apapun yang berguna bagi mereka.


5. Model siklus hidup sistem kerja


Sistem informasi dan sistem kerja
Aktifitas-aktifitas dalam proses bisnis dibatasi menjadi enam tipe dari
aktifitas yang bersifat komputerisasi ataupun manual, antara lain :


1. Mendapatkan informasi
2. Menerima informasi
3. Mentransmisikan informasi
4. Memanipulasi informasi
5. Menyimpan informasi
6. Menampilkan informasi


Misalnya:
Mengenai sistem kearsipan perpustakaan:


1.Mengkalsifakasi buku berbahasa inggris dan berbahasa indonesia.


2.Pengkodean buku atau coding


3.Mengatur buku yang sudah diberi kode yang sudah disediakan
Jadi dengan adanya sistem kerja,tatkerja dan prosedur kerja menjadikan pelaksanaan fungsi menajemen dan kebijaksanaan pimpinan mejadi lebih terarah,terkoodinir dan terkontrol dengan baik.

ANALISA JABATAN


Merupakan suatu kegiatan untuk mencatat, mempelajari dan menyimpulkan keterangan-keterangan atau fakta-fakta yang berhubungan dengan masing-masing jabatan secara sistematis yaitu :


1. apa yang dilakukan pekerjapada jabatan tersebut.
2. apa wewenang dan tanggung jawabnya.
3. mengapa pekerjaan tersebut harus dilakukan.
4. bagaimana cara melakukannya.
5. alat-alat dan bahan-bahan yang digunakan dalam melaksanakan pekerjaannya. besar upah dan lamanya jam bekerja.
6. pendidikan, pengalaman dan latihan yang dibutuhkan.
7. keterampilan, sikap dan kemampuan yang diperlukan untuk melakukan pekerjaan tersebut.

Job Description :


Pembuatan diskripsi jabatan (job description) yang wajar dilakukan melalui suatu analisis jabatan. Dari analisis jabatan yang dilaksanakan tersebut, maka akan dilakukan penelitian terhadap aspek-aspek jabatan melalui pengamatan dan/atau pengisian kuesioner baik secara tertutup maupun terbuka (wawancara) – oleh mereka yang menduduki suatu jabatan tertentu. Berdasarkan hasil pengumpulan data ini, kemudian akan dilakukan analisis jabatan yang selanjutnya dituangkan dalam bentuk diskripsi jabatan.
Sering juga terjadi, diskripsi jabatan dibuat terlebih dahulu–tanpa melalui analisis jabatan terutama pada perusahaan (atau struktur organisasi) yang baru dibentuk. Dalam hal ini lebih tepat untuk dikatakan sebagai “disesuaikan” menurut kondisi ataupun kenyataan yang terjadi pada saat diimplementasikan.


Di dalam menyusun sebuah diskripsi jabatan, maka ada lima konsep dasar yang dasar dijadikan pertimbangan, yaitu:


• Diskripsi jabatan adalah suatu dokumen singkat dari informasi faktual yang merupakan tugas-tugas yang harus dilakukan dan merupakan pertanggungjawaban yang melekat erat pada sebuah jabatan tertentu.


• Dalam diskripsi jabatan akan teruraikan garis-garis besar lingkup jabatan tersebut dan jabatan-jabatan lainnya dalam organisasi/perusahaan dan prasyarat-prasyarat jabatan.


• Diskripsi jabatan selalu mendasarkan pada hakekat pekerjaan daripada individu yang melaksanakannya, dengan demikian orientasi yang termasuk di dalam skripsi jabatan akan menekankan pada aktifitas-aktifitas yang harus dilakukan oleh individu yang memegang jabatan itu.

• Diskripsi jabatan juga merupakan berbicara mengenai informasi-informasi yang selektif yang diperoleh dari laporan analisis jabatan. Oleh karenanya diskripsi jabatan akan menampilkan pernyataan-pernyataan (statements) yang relevan dengan jabatan tersebut.


• Data yang tercatat dalam diskripsi jabatan akan lebih ditekankan pada hakekat atau sifat dari jabatan yang bersangkutan.

Job Specification :


Spesifikasi jabatan memberikan suatu gambaran mengenai kualifikasi kepribadian yang dituntut dalam suatu jabatan. Spesifikasi jabatan tersebut akan memberi identifikasi dan formulasi secara jelas tentang syarat-syarat jabatan yang dituntut dari seseorang yang nantinya dipromosikan untuk menduduki suatu jabatan tertentu. Prasyarat yang ditentukan seharusnya relevan dengan tugas-tugas pokok maupun spesifikasi/kondisi kerja yang akan dihadapi (baik yang menyangkut kemampuan fisik maupun mentalnya). Berdasarkan ketetapan mengenai prasyarat jabatan ini, maka manajemen akan bisa memiliki acuan dasar untuk melakukan program recruiting maupun training (pelatihan). Spesifikasi
jabatan harus dibedakan dari analisis jabatan, karena spesifikasi jabatan pada hakekatnya disimpulkan atau didasarkan dari hasil analisis jabatan. Agar suatu jabatan bisa berhasil dilaksanakan dengan sebaik-baiknya maka disusun suatu prasyarat jabatan yang secara spesifik ditetapkan sebagi berikut:

1. Prasyarat Pengetahuan (Knowledge)
Meliputi pengetahuan yang dibutuhkan untuk tiap-tiap jabatan seperti pengetahuan teknis, profesional, administrasi/manajemen dan sebagainya.

2. Prasyarat Keterampilan (Skill)
Masalah keterampilan (skill) ini sulit untuk diidentifikasikan maupun didefinisikan, keterampilan merupakan bentuk-bentuk perilaku yang penting dalam memberikan identifikasi dan tolok ukur seseorang secara efektif. Ketrampilan dikembangkan dari proses latihan yang teratur, rutin disamping tentunya juga tergantung pada kemampuan mental bawaan dan atribut fisik seseorang.

3. Prasyarat Sikap (Attitude)
Prasyarat ini yang paling sulit untuk diukur. Sikap pada hakekatnya merupakan kecenderungan seseorang untuk bertindak yang sangat tergantung pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Agar tetap bisa berguna, maka spesifikasi jabatan harus selalu diperiksa – terlebih-lebih akan diterapkan dievaluasi dan dikoreksi kembali apakah spesifikasi / prasyarat suatu jabatan masih memadai (up-to-date) mengingat adanya perubahan/perkembangan yang mungkin terjadi.


http://selimarselina.wordpress.com/2011/03/24/tata-kerja-prosedur-kerja-dan-sistem-kerja/

Minggu, 05 Februari 2012

About my new story

Diposting oleh Icha Elias di 01.43 0 komentar
Lagi lagi gue isi blog dengan hal yang gapenting. Hohoho
Disini gue cuma mau berkeluh kesah *cieh* intinya disini gue mau bilang kalau gue itu mau post cerpen gue yang judulnya My Real Princess tapi gue gayakin banyak yang baca -_-
soalnya mau gimana yaaa.. demi neptunus deh ini blog isinya bener2 sepi pengunjung.. gue bingung musti melakukan apa buat ngeramein ini blog biar ga garing kaya gini.. atau mungkin ini karena tampilan blog gue yang sama sekali gabanget.
Terus di blog ini kan juga udah isi segala macem tulisan. Mulai dari Cerpen, Fanfiction, dll. Kalian bisa menikmati semua tulisan asli gue, tulisan yang gue bikin dengan susah payah sendiri *meski jelek* tapi gue minta kalian hargai ya.. intinya kalian komen gitu kek :’’ bagi yang komen gue bakal bikinin Fanfiction atau cerpen deh buat kalian ;) sesuai permintaan kalian sendiri.
                                                                                        
Okedeh, abis postingan ini gue bakalan posting sebuah cerpen.. tapi sebenernya bukan cerpen sih, lebih tepatnya kaya cerbung gitu, cerita bersambung. Tadinya gue pikir ini bakal kelar dalam 1 part aja atau oneshot tapi ternyata enggak. Kemaren gue nulis cerita ini ampe jam 3 malem. Hahahaha
maklum aja ya kalau jelek, gue emang gabakat dibidang tulis nulis. Maaf kalau maksa juga wkakakakak
Jadi intinya cerita ini bukan cerpen.. jadi masih TBC gitu kawan ;)
Komen yah.. :D
Gue ngarepin banget komen dari kalian, sepedes apapun, sejahat atau sedalem apapun komen kalian gue terima itu sebagai masukan agar tulisan gue lebih maju dan lebih bermanfaat. Apalah arti kalian membaca tapi ga komen :)
Terima kasih udah baca coretan gaje saya, sampai jumpa :D
Klik disini untuk mulai membaca My Real Princess part 1

Salam..
Pacar Nick Jonas
Icha Elias :p
 

Icha's Room Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review