Senin, 29 April 2013

Kebijakan dalam menghadapi Globalisasi

Diposting oleh Icha Elias di 05.06

Menghadapi era globalisasi.

Kata GLOBALISASI diambil dari kata Global. Yang berarti universal.
Globalisasi adalah sebuah istilah yang memiliki hubungan dengan peningkatan ketertarikan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia diseluruh dunia melalui perdagangan, investasi, budaya populer, dan bentuk-bentuk interaksi yang lain sehingga batas suatu negara menjadi bias.

Dan kebijakan untuk menghadapi era globalisasi menurut saya, adalah dibawah ini

1. Mencintai negeri sendiri dan mencintai produk dalam negeri. Banyak bangsa-bangsa kita yang masih membeli barang produk luar, dengan alasan mempunyai kualitas dengan design yang lebih elit. Well, kenapa kita tidak mencoba dulu produk dalam negeri dan memakainya? Mungkin saja, kita bisa puas dan akan terus mencintai produk dalam negeri.

2. Meningkatkan produksi dalam negeri agar dapat bersaing dengan produksi negara-negeara maju. Seperti nomor sebelumnya, salah satu menghadapi era globalisasi dengan kebijakan ini cukup membantu. Jika produksi dalam negeri kita ditingkatkan dari kualitas maupun kuantitas, banyak negara lain yang semakin puas dan akan selalu membeli produk dalam negeri kita.

3. Berusaha mengikuti perkembangan teknologi. Hal ini merupakan hal yang sangat amat penting dalam era globalisasi. Jika kita ketinggalan jaman, kita tak akan bisa hidup dalam era globalisasi. Dahulu mungkin, tidak terlalu penting untuk memiliki setidaknya satu hadphone untuk komunikasi, tapi sekarang-sekarang ini, kita semua sudah mempunyai seminimalnya satu handphone atau mungkin gadget. Anda akan ketinggalan informasi jika tidak mengikuti perkembangan teknologi.

4. Menanamkan nilai-nilai budaya dan pancasila. Jika kita masih mempunyai nilai budaya, kita pasti akan terselamatkan dari kejamnya globalisasi.

5. Menyaring budaya asing yang masuk. Maksudnya disini adalah, budaya asing yang masuk harus mempunyai kepribadian dari bangsanya dan mempunyai tujuan jelas kenapa ia datang ke Indonesia. Untuk meminimalisasir adanya teroris.


Itu adalah beberapa kebijakan yang mungkin ada dalam pikiran saya dalam menghadapi era globalisasi.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Icha's Room Template by Ipietoon Blogger Template | Gadget Review